Tips Melunasi Cicilan Pinjaman Online Dengan Cepat

pinjaman online

Semakin majunya teknologi di zaman sekarang, membuat segalanya menjadi lebih mudah termasuk ketika Anda membutuhkan dana pinjaman. Hanya dengan mengunduh sebuah aplikasi di Play Store atau App Store.

Proses untuk pengajuannya juga tidak memakan waktu lama, ada hanya dalam hitungan menit dan paling lama dua hari kerja saja. Pencairan dana juga akan langsung masuk ke rekening pribadi Anda, apabila semua syarat telah terpenuhi.

Walau begitu, ada baiknya sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online. Anda harus mengetahui juga cara untuk melunasinya, hal ini sangatlah penting agar Anda tidak terlalu lama terlilit hutang.

Ketika akan melakukan atau mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda memikirkan solusi pembayarannya agar tidak terjadi gagal bayar. Namun, bila ternyata telah terjadi, Anda mungkin bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk melunasi cicilan hutang pada pinjol.

Prioritaskan hutang dengan tenor singkat dan bunga besar

Apabila Anda memiliki hutang pada pinjaman online lebih dari dua, lebih baik memprioritaskan hutang yang tenornya lebih singkat dengan bunga besar. Jika Anda dapat melakukan hal tersebut tentunya akan membantu untuk menyelesaikan masalah finansial secara efektif. Jika hutang tersebut telah lunas, Anda tentu tidak akan terbebani oleh bunga yang semakin besar serta denda karena telah melewati tempo.

Buatlah list semua hutang

Jika Anda meminjam di beberapa pinjaman online sekaligus, maka akan lebih baik jika Anda memiliki catatan tentang rincian hutang tersebut. Misalnya mencatat, nama perusahaannya, jumlah pinjaman, hingga besar bunga. Terlihat remeh, tetapi ini merupakan hal penting yang nantinya dapat membantu Anda agar dapat membayar semua tagihan lebih terencana.

Manfaatkan pinjaman tanpa bunga

Manfaatkanlah pinjaman yang tidak membebani bunga pada nasabahnya. Anda dapat mencari pinjaman tersebut dengan meminjamnya dari keluarga, teman atau tempat kerja. Apabila semua hutang pada pinjaman online telah lunas, Anda bisa fokus untuk melunasi uang yang dipinjam dari tempat lain tersebut.

Gunakan sebagian tabungan

Salah satu fungsi dari uang tabungan adalah untuk dipergunakan ketika ada keadaan mendesak, seperti bila terjadi kecelakaan atau sakit. Namun, tidak ada salahnya bila dana tersebut digunakan sebagian untuk membayar melunasi pinjaman hutang di pinjol. Jika telah terlunasi tentunya akan membuat Anda lebih leluasa mengembalikan uang tabungan tersebut.

Membagi kewajiban dengan anggota keluarga

Hutang yang digunakan demi kebutuhan keluarga, ada baiknya dilunasi dengan cara bergotong royong. Dengan begitu Anda pastinya akan lebih ringan, karena dibayar bersama-sama. Anda bisa mengajak saudara atau orang tua untuk membantu mengumpulkan dana dan membayarkan hutang dari pinjaman online tersebut.

Menjual aset

Melakukan pengajuan pada pinjol memang pilihan tepat ketika Anda ingin memiliki dana, namun tidak bisa menjual aset yang sebenarnya ingin jual tetapi belum laku. Karenanya ketika properti tersebut telah terjual, segeralah melunasinya dari hasil penjualan yang Anda dapatkan agar bunga pinjaman tidak menumpuk dan semakin besar.

Cari pekerjaan sampingan

Kendala yang paling sering dialami oleh para nasabah pinjaman online adalah karena penghasilan atau gaji yang terlalu mepet dan hanya cukup digunakan untuk biaya sehari-hari. Jika sudah seperti ini yang bisa Anda lakukan guna melunasi hutang pinjol, yaitu mencari tambahan penghasilan agar bisa segera terbebas dari pinjaman online. Anda dapat bekerja paruh waktu atau membuka usaha kecil-kecilan.

Membayar dengan minimal biaya

Beberapa aplikasi pinjaman online memiliki opsi pembayaran dengan biaya ringan, sehingga lebih kecil dibandingkan dengan jumlah cicilan wajib. Contohnya, Anda dapat membayarkan sebesar Rp 400.000 walau tanggungan yang sebenarnya adalah sebesar Rp 700.000 setiap bulannya.

Mengajukan keringan

Jika Anda masih merasa terbebani dan kewalahan dalam mencari cara untuk dapat melunasi semua pinjaman online dikarenakan terbatasnya kondisi ekonomi, ada baiknya Anda mengajukan keringanan atau restrukturisasi kepada perusahaan pinjol tersebut.

Restrukturisasi ini dibuat oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bagi para nasabah pinjaman online yang memang terdampak pandemi. Selain itu sesuai dengan peraturan yang mereka keluarkan, kebijakan ini juga tergantung dari keputusan platform pinjol.

Pihak aplikasi online memiliki dua jenis keringanan, yaitu :

  1. Suku bunga dikurangi.
  2. Melakukan mediasi untuk menyelesaikan hutang sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Jangan sampai denda yang harus dibayar menjadi menumpuk dan berdampak dengan gagal bayar karena tidak lagi mampu melunasi hutang-hutang Anda. Padahal bila hal tersebut sampai terjadi, banyak resiko yang harus Anda hadapi.

Itulah tadi tips bagi Anda yang ingin segera terlepas dari pinjaman online. Jika semua pinjaman tersebut telah dilunasi, lebih baik Anda tidak mengulangi atau meminjam lagi kepada perusahan pinjol dan apabila memang terdesak sebaiknya Anda telah memiliki solusi agar bunga pinjaman tidak menumpuk sehingga membebani hidup.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *