Arti Penting Internet bagi UMKM Kekinian

Arti Penting Internet bagi UMKM Kekinian

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di Indonesia jumlah sudah semakin banyak jumlahnya. Meningkatnya jumlah UMKM dari tahun ke tahun tidak lepas dari dukungan teknologi yang semakin canggih.

Banyak para pelaku UMKM yang dimudahkan dengan hadirnya berbagai inovasi, khususnya dalam digital marketing. Sebuah inovasi yang memberikan kemudahan akses bagi para pengusaha untuk mempromosikan produknya secara online.  

Inilah sebabnya internet menjadi salah satu faktor penting untuk keberhasilan UMKM. Jadi, saat ini bisa dikatakan bahwa internet tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan berskala besar saja. Usaha kecil-kecilan pun harus melek teknologi agar bisa mengoptimalkan operasional bisnisnya dengan internet. 

Pentingnya Internet untuk UMKM 

Kini setiap orang bisa saling terhubung dengan adanya internet. Berbagai kemudahan ditawarkan melalui kecanggihan internet, baik bagi para pebisnis maupun konsumen. Apalagi bagi UMKM yang kekinian sudah seharusnya memanfaatkan digitalisasi internet. 

Tanpa dukungan internet maka sulit bagi mereka untuk mengembangkan usahanya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut mengenai pentingnya internet bagi UMKM kekinian :

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Biasanya pangsa pasar UMKM hanya terbatas di sekitarnya saja yakni ditempat UMKM itu menjalankan bisnisnya. Namun dengan adanya internet, mereka bisa memperluas jangkauan pasarnya melalui berbagai platform media sosial dan e-commerce.

Untuk para UMKM yang ada di pedesaan bisa menjangkau target konsumen yang berada di kota-kota besar, begitu juga sebaliknya. Tidak hanya jangkauan pasarnya yang semakin luas, namun target konsumennya pun akan semakin beragam. Mempromosikan produk secara online tentu tidak membutuhkan biaya yang tinggi dibandingkan dengan membuka cabang. Potensi keuntungan yang bisa diperoleh pun sangat besar tanpa perlu mengeluarkan banyak modal.

Aktivitas Jual Beli Semakin Mudah

Tidak adanya batasan ruang dan waktu bagi para konsumen untuk belanja online, pasti berpengaruh juga pada para pelaku bisnis itu sendiri. Selama terdapat koneksi internet, semua orang bisa berbelanja darimana saja dan kapan saja. Demikian juga dengan para UMKM yang akan lebih mudah melayani konsumen di seluruh Indonesia bahkan luar negeri secara fleksibel.

Disinilah aktivitas jual beli bisa berlangsung real time meskipun tidak perlu bertatap muka secara langsung. Mulai dari pemilihan produk, transaksi pembayaran dan delivery atau pengiriman bisa diproses melalui internet. Penjualan produk pun jadi semakin mudah dan cepat. Selain itu, lebih efektif dalam menekan biaya operasional bisnis. 

Arti Penting Internet bagi UMKM Kekinian

Menghemat Biaya

Untuk memulai suatu usaha tentu tidaklah mudah, terutama bagi usaha kecil dan menengah. Diperlukan modal untuk biaya sewa tempat, peralatan, mebel dan masih banyak lagi yang harus disiapkan sebelum membangun bisnis.

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, para UMKM kekinian seharusnya tak perlu khawatir lagi dengan semua itu. Karena jika internet dimanfaatkan dengan optimal maka bisnis akan tetap berjalan tanpa harus mendirikan toko atau sewa bangunan. Dengan begitu, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sangat minim sehingga bisa dimaksimalkan pada hal lainnya misalnya biaya iklan.

Mengikuti Tren yang Sedang Berkembang

Alasan berikutnya mengapa internet sangat berperan penting bagi UMKM kekinian yaitu mudah mengikuti setiap perkembangan yang ada. Di dalam dunia bisnis, selalu up to date dengan tren yang sedang berkembang itu adalah sebuah keharusan jika ingin meraih keberhasilan. Karena kebutuhan serta keinginan manusia akan selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Melalui kecanggihan internet, para UMKM sangat dimudahkan untuk mendapatkan segala informasi. Sehingga mereka bisa melakukan berbagai riset atau survey online mengenai apa yang sedang tren saat ini atau biasa disebut kekinian. Hal tersebut akan membantu para pelaku UMKM untuk mengambil berbagai keputusan terkait produk dan jasanya.

Meningkatkan Penjualan

Media sosial maupun platform belanja online merupakan alat pemasaran yang sangat efektif dan efisien bagi UMKM. Selain bisa menghemat biaya pengeluaran, penggunaan media sosial sangat tepat untuk meningkatkan penjualan. Karena bisa dikatakan bahwa kini hampir semua orang sudah ketergantungan dengan internet.

Setiap orang merasa sangat terbantu dengan adanya digitalisasi, terutama untuk belanja online. Aksesbilitasnya yang tinggi serta mudah digunakan membuat siapa saja lebih memilih berbelanja secara online ketimbang harus pergi ke toko. Hal ini sudah pasti akan berpotensi pada kenaikan  penjualan produk UMKM. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang, menunjukkan penjualan UMKM bisa meningkat lebih dari 50% karena penggunaan internet yang optimal. Bahkan tak sedikit yang akhirnya bisa meningkatkan volume penjualannya sampai melebihi 100%. 

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa setiap pelaku UMKM harus melek teknologi untuk bisa memanfaatkan kecanggihan internet. Beberapa alasan yang sudah disebutkan di atas hanya sebagian kecil. Hadirnya internet di tengah masyarakat memang memberikan banyak manfaat positif jika dioptimalkan secara tepat. 


Leave a Reply

Your email address will not be published.