Ini Peluang Usaha Paling Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga


Sebagai ibu rumah tangga tentunya kamu ingin memiliki penghasilan sendiri sehingga tidak selalu meminta uang kepada suami, hanya saja terkadang banyak ibu-ibu yang bingung mengenai usaha apa yang bisa mereka lakukan tanpa harus meninggalkan rumah ataupun buah hatinya.

Padahal ada begitu banyak bisnis kecil yang cocok dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga dan dapat dilakukan dari rumah sambil menjaga anak-anak. Rata-rata usaha tersebut tidaklah membutuhkan modal yang besar dan kamu bisa mengerjakannya sewaktu-waktu.

Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga 

Bila kamu memang sudah memiliki niat untuk mempunyai sebuah usaha mandiri sebagai seorang rumah tangga yang ingin membantu ekonomi keluarga tetapi modal yang kamu miliki tidak banyak, berikut dibawah ini adalah beberapa peluang usaha yang dapat kamu pilih dan disesuaikan dengan kemampuan :

  • Penulis lepas

Peluang usaha pertama yang paling direkomendasikan adalah menjadi seorang penulis lepas, ini sangat cocok apabila kamu termasuk seorang ibu rumah tangga yang menyukai kegiatan menulis atau memang mengerti tentang literasi. 

Pada zaman ini di mana teknologi digital menjadi hal yang lumrah dan sudah banyak yang memanfaatkannya juga, tentu kamu banyak menemukan website, aplikasi novel, blog dan masih banyak lagi di mana semuanya itu membutuhkan keahlian dalam menulis.

Kamu hanya tinggal memilih ingin menjadi penulis pas pada bidang yang mana, belakangan ini paling banyak dicari adalah penulis artikel yang mengerti tentang teknik SEO dan copywriting. Tentunya kebiasaan tersebut akan menguntungkan pihak penyewa jasa. 

Karena mereka perlu menaikkan produk yang dimiliki supaya bisa terlihat pada halaman dari mesin pencari. Jika ditanya mengenai penghasilan dari seorang penulis lepas, sebenarnya cukup besar karena penyewa jasa berani membayar dalam jumlah yang besar. 

Namun, kamu harus tahu bila hal tersebut juga dibarengi dengan seberapa banyak pengalaman kamu dalam bidang menulis. Jadi, kumpulkanlah portofolio yang sudah kamu miliki selama ini supaya bisa meyakinkan calon klien untuk menggunakan jasamu.

  • Kerajinan tangan

Peluang usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga berikutnya adalah membuat kerajinan tangan. Tentunya untuk menjalankan usaha ini kamu harus mempunyai keahlian dalam membuat produk yang merupakan hasil buatanmu sendiri. Contohnya seperti bingkisan, souvenir, karangan bunga dan lain sebagainya.

Untuk bisnis ini memang kamu dituntut memiliki kreativitas dalam menciptakan produk-produk yang unik supaya dapat menarik minat konsumen sehingga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jika sudah mulai berkembang, kamu bisa mengajak ibu-ibu lainnya untuk bekerja denganmu juga supaya mereka mempunyai penghasilan.

  • Catering

Catering adalah usaha rumahan yang memang kerap dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dalam bidang memasak. Di zaman ini banyak sekali jenis catering yang bisa kamu pilih, misalnya catering makanan sehat, membuat bento untuk anak-anak sekolah, catering untuk perusahaan atau menjalankan catering pada umumnya.

Dimana biasanya jasa catering dibutuhkan oleh penyelenggara sebuah acara. Mempromosikan usaha catering juga sebenarnya tidaklah terlalu sulit apalagi di zaman ini teknologi digital sudah berkembang dengan sangat pesat. Sehingga kamu bisa menawarkan jasa catering melalui sosial media.

  • Dropshipper

Selanjutnya peluang usaha paling cocok untuk ibu rumah tangga adalah dropshipper. Di mana usaha ini kamu benar-benar tidak membutuhkan modal berupa uang, karena yang dibutuhkan adalah smartphone dan kuota. Untuk menjadi seorang dropshipper kamu tidak harus menstok barang tetapi hanya mempromosikan jualan dari orang lain dan menawarkannya melalui media sosial.

Untuk produknya sendiri tentu kamu harus melihat terlebih dahulu apa yang saat ini sedang trend, kemudian harus tahu usia berapa yang menjadi target konsumen kamu. Dengan begitu kamu bisa menentukan barang apa yang nantinya akan dijual, berapa harganya dan bagaimana cara mempromosikannya.

  • Tanaman hias

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa beberapa tahun terakhir ini banyak orang yang menyukai gaya hidup yang minimalis. Di mana bagian terpentingnya adalah menanam tanaman hias di dalam rumah dengan tujuan supaya rumah terlihat lebih asri dan segar.

Saat ini memang sudah banyak orang-orang yang mulai menjual tanaman hias dalam berbagai varian atau jenis. Tetapi bukan tidak mungkin kamu membuka bisnis ini juga sebab peminat dari tanaman hias bisa dikatakan sangat banyak, selain itu model yang kamu butuhkan juga tidak besar.

Kamu dapat memilih beberapa tanaman yang memang mempunyai penggemar banyak, contohnya seperti sansevieria atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua, kemudian ada pula janda bolong, anggrek, aglonema dan masih banyak lagi.

  • Bimbel atau kursus

Bisnis terakhir yang direkomendasikan untuk ibu rumah tangga adalah membuka bimbingan belajar atau kursus. Namun, tentunya untuk usaha yang satu ini kamu memang membutuhkan kebiasaan atau kemampuan dalam bidang mata pelajaran tertentu. Apalagi jika kamu pintar dalam matematika serta bahasa Inggris, karena kedua mata pelajaran ini termasuk yang paling banyak dicari.

Selain membuka bisnis bimbingan belajar kamu juga bisa membuka kursus, misalnya kursus memasak atau keahlian lain yang memang kamu miliki. Kemudian kamu bisa membuka kursus tersebut secara online atau offline, untuk mempromosikannya sendiri pun juga terbilang mudah yaitu dengan cara menawarkannya kepada tetangga atau orang tua murid dan bisa juga lewat sosial media.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *