Peluang Usaha yang Bisa Dibangun Oleh Pensiunan


Kenyataan memasuki masa pensiun itu memang tidak seindah dan senyaman yang dikatakan kebanyakan orang. Karena bagi mereka yang terbiasa bekerja, saat pensiun justru terasa menakutkan, bukan karena tidak ada pemasukkan saja. Namun, bila tidak mengerjakan sesuatu, dikhawatirkan akan mudah sakit. 

Karena itu banyak orang yang sudah pensiun memilih untuk membuka sebuah bisnis, tujuannya adalah mereka tetap mempunyai kegiatan dan juga penghasilan. Sebab, kamu tentunya tahu bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan uang pensiun sebagaimana halnya ASN.

Peluang usaha bagi pensiunan

Membayangkan bila tetap memiliki penghasilan ketika masih pensiun sangatlah menyenangkan, karena tentunya kamu tidak akan membebani anak cucumu ketika kamu sudah di usia tua. Ini juga termasuk salah satu cara untuk memutus rantai generasi sandwich. Berikut dibawah ini adalah beberapa peluang usaha yang cocok untuk dijalankan oleh seorang pensiunan di masa tuanya :

  • Bisnis sembako

Usaha sembako, seperti beras, gula, minyak goreng dan berbagai kebutuhan pokok lainnya, tidak akan mati. Sangat cocok untuk kamu saat pensiun. Usaha ini dapat dijalankan di usia lanjut karena waktu yang fleksibel dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Kamu dapat mempekerjakan karyawan untuk mengangkut atau mengirimkan barang.

Dan kamu tinggal melayani dan menerima uang dari konsumen. Untuk menjalankan bisnis sembako kamu dengan sukses, carilah produsen makanan pokok atau distributor grosir dengan harga murah dan kualitas tinggi. Dengan cara ini, kamu dapat menarik konsumen dengan harga murah dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

  • Usaha pembayaran tagihan

Saatnya online dan kamu dapat membayar semua tagihan tersebut hanya melalui smartphone. Sayangnya, tidak semua orang melek teknologi. Belum lagi transaksi online, menggunakan layanan pesan teks atau menjawab panggilan telepon masih membingungkan.

Juga bayar listrik, air, beli pulsa atau kuota internet. Tangkap peluang usaha ini dengan memulai bisnis pembayaran tagihan dari rumah. Sederhana, dan tidak banyak uang. Iklankan dari mulut ke mulut atau pasang spanduk, pamflet di depan rumah kamu untuk memberi tahu tetangga bahwa kamu telah membuka layanan pembayaran tagihan.  

  • Bisnis laundry 

Membuka usaha laundry kiloan juga bukanlah hal yang buruk, karena bisnis ini semakin lama semakin dibutuhkan. Mengapa? Karena semakin tingginya kebutuhan akan finansial seseorang berarti mereka harus lebih rajin bekerja yang dampaknya terkadang membuat orang-orang ini tidak memiliki cukup waktu hanya untuk mencuci pakaian.

Mereka lebih memilih membawa pakaian kotornya ke jasa laundry. Usaha ini memang tidak memberikan keuntungan yang besar, itu jika kamu hanya menghitung per helai pakaian atau per kilo, tetapi bayangkan jika dalam sehari kamu menerima sampai 10 atau 15 customer tentunya keuntungannya juga semakin berlipat.

  • Bisnis ekspedisi

Bisnis berikutnya yang bisa dibuka adalah jasa ekspedisi, jenis usaha seperti ini belakangan memang sedang banyak atau menjamur karena dibarengi dengan minat pasar dalam berbelanja secara online. 

Tentunya ketika mereka membeli sesuatu melalui toko online, barang-barang yang dibeli sudah pasti dikirim menggunakan ekspedisi. Kamu tinggal memilih ingin membeli franchise dari ekspedisi yang mana, lalu pastikan juga jika ekspedisi tersebut memang menjangkau seluruh kota yang ada di Indonesia.

  • Bisnis kuliner

Apakah kamu memiliki keahlian dalam memasak atau hobi kulineran? Jika jawabannya adalah iya maka tidak ada salahnya ketika pensiun kamu membuka bisnis cafe atau rumah makan. Tentu akan sangat menyenangkan ketika sudah pensiun kamu dapat menggeluti hal yang disukai. 

Untuk menjalani bisnis ini tentunya ada begitu banyak hal yang harus kamu persiapkan selain modal, misalnya dengan mencari referensi jenis makanan apa yang akan dijual nantinya, apakah makanan tradisional, fusion atau kontinental.

Selain itu kamu juga harus memikirkan seperti apa konsep rumah makan yang nanti akan didirikan, di mana lokasinya, akan dibuat sebesar apa, apa saja menunya dan masih banyak lagi. Pikirkan semua itu mulai dari sekarang supaya nantinya akan lebih mudah dalam merealisasikan.

  • Usaha kos-kosan atau kontrakan

Peluang usaha yang terakhir dan direkomendasikan bagi pensiunan adalah memiliki kontrakan atau kos-kosan, bisnis bisnis ini bisa dianggap sebagai pasif income apalagi jika kamu sudah membukanya sejak masih dalam usia produktif.

Untuk bisnis kontrakan dan kos-kosan ini memang di awal kamu membutuhkan banyak modal karena harus membangun bangunannya terlebih dahulu, kemudian mengisi kamar kos dengan kebutuhan dasar seperti tempat tidur, lemari, meja kursi dan juga kipas angin atau AC. 

Tetapi setelah bisnis tersebut berjalan yang harus dilakukan hanyalah mengawasi tetap menjaga kebersihan membayar tagihan-tagihan dan mengambil uang sewa dari para pengguna kamar atau penyewa rumah.

Ketika kamu sudah pensiun memang akan lebih baik jika tetap memiliki penghasilan sendiri, salah satu caranya adalah dengan memiliki usaha. Mulai dari sekarang kamu harus menentukan usaha apa yang ketika sudah pensiun ingin kamu lakukan. 

Bahkan jika memungkinkan, jika memang saat ini kamu sudah memiliki modalnya jalankanlah bisnis tersebut sejak dini. Sehingga ketika kamu sudah pensiun nanti tinggal menikmati hasilnya saja dan tidak perlu merintis dari nol.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *